Aulia, Siti (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Tapak Jejak Karya Fiersa Besari dan Relevansinya Sebagai Bahan Bacaan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2171111032 COVER.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
2. NIM. 2171111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (568kB) | Preview
3. NIM. 2171111032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 2171111032 PREPACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 2171111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
6. NIM. 2171111032 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7. NIM. 2172111010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 2171111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 2171111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
13. NIM. 2171111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari dan mendeskri psikan relevansi Novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari terhadap Bahan Bacaan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bangun Purba. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Tapak Jejak yang terbit pada tahun 2019 Cetakan pertama dengan 310 halaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik studi pustaka dan teknik baca catat. Instrumen penelitian dilakukan dengan merujuk pada 18 nilai pendidikan karakter menurut Kemdiknas. Hasil analisis terhadap nilai pendidikan karakter dalam novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari menunjukkan adanya 16 nilai pendidikan karakter diantaranya, nilai pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan dan peduli sosial. Selain itu, (i) berdasarkan kompetensi, novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari relevan digunakan sebagai bahan ajar di kelas XI melalui KD 3.11 dan 4.11 pada kelas XII melalui KD 3.9 dan 4.9 (ii) aspek bahasa, penggunaan bahasa mudah dipahami , (iii) aspek psikologi, siswa dapat mengambil nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari, yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter untuk siswa SMA (iv) aspek budaya, menceritakan latar belakang budaya kehidupan keluarga yang mudah dipahami siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bahan Bacaan; Nilai Pendidikan Karakter; Novel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 01:56 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 01:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46744 |