Siregar, Yulia Rahmayanti Said (2021) Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173351067_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1173351067_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
3. NIM. 1173351067_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 1173351067_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1173351067_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1173351067_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1173351067_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173351067_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 1173351067_BAB I.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
13. NIM. 1173351067_BAB V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM. 1173351067_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Medan yang berjumlah 317 siswa dan di tarik sampel berjumlah 80 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket kecerdasan emosional yang berjumlah 35 item pernyataan yang telah valid dan reliabel dan menggunakan angket kemandirian belajar yang berjumlah 62 item pernyataan yang telah valid dan reliabel sebelum dilakukan uji hipotesis menggunakan rumus produck moment maka di lakukan uji asumsi dengan menggunakan uji normalitas kolmogorov-smirnov dan uji linieritas. Dari hasil analisis data menggunakan produck moment diperoleh xry= 0,407 dari data tersebut terlihat bahwa rhitung > rTabel dimana 0,407 > 0,005 artinya hipotesis diterima yaitu ada hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemandirian belajar siswa ada kelas VIII SMP Negeri 34 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Sedangkan kontribusi secara simultan variabel kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar sebesar r2 = (0,407)2 = 0,165 (16,5%). Artinya bahwa kecerdasan emosional memberikan kontribusi pada kemandirian belajar sebesar 16,5% sedangkan sisanya 83,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-011 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:23 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46735 |