Saragih, Sri Wahyuni (2021) Profil Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sibolga dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173351061_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1173351061_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 1173351061_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
4. NIM. 1173351061_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 1173351061_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1173351061_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173351061_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173351061_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1173351061_BAB I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. NIM. 1173351061_BAB V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM. 1173351061_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang profil kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sibolga dan merumuskan program bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswa tentang profil kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sibolga. Metode yang digunakan adalah deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 174 siswa, untuk penarikan sampel peneliti menggunakan rumus slovin sehingga didapati sampel dalam penelitian ini adalah 55 siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Sibolga, dengan pengambilan sampel dilakukan random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menyebarkan angket melalui link google form pada whatsapp grup kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian profil kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sibolga Tahun Ajaran 2021/2022 pada kategori sangat tinggi 0 responden (0%), kategori tinggi 19 responden (35%), pada kategori sedang 21 responden (38%), kategori rendah 15 responden (27%) dan kategori sangat rendah 0 responden (0%). Gambaran umum kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sibolga Tahun Ajaran 2021/2022 secara keseluruhan dapat dikategorikan sedang dan tinggi. Kemudian kemandirian belajar siswa yang ditinjau dari indikator diperoleh SMP Negeri 4 Sibolga Tahun Ajaran 2021/2022 kategori sangat rendah terdapat pada indikator motivasi belajar siswa (14%) , hasil yang diperoleh dari angket yang dibagikan pada indikator perencanaan dan mengevaluasi pembelajaran memperoleh kategori tinggi (29%) indikator penggunaan sumber belajar, strategi belajar siswa, monitoring, dan lingkungan masuk kedalam kategori sedang (57%) sedangkan kategori rendah tidak ada (0%) indikator dan katagori sangat tinggi diperoleh (0%) indikator. Berdasarkan data diatas, dirumuskan program bimbingan dan konseling yang memuatkan program tahunan dan program semester terkait dengan bidang pengembangan pribadi dan belajar dengan sub bidang pengembangan kemandirian belajar siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-006 |
Keywords: | Profil Kemandirian Belajar Siswa; Program Bimbingan dan Konseling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:24 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46726 |