Sirait, Roventi Madonna (2021) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Kecemasan Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1172151017_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1172151017_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 1172151017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 1172151017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
5. NIM. 1172151017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 1172151017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1172151017_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1172151017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1172151017_BAB I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
13. NIM. 1172151017_BAB V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 1172151017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan akademik siswa kelas XI SMA Negeri 5 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-postest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XI IIS 2 yang memiliki skor kecemasan akademik yang tinggi. Data penelitian dikumpulkan dengan angket kecemasan akademik siswa yang berjumlah 37 item pernyataan yang telah valid dan reliabel, reliabilitas instrumen tersebut adalah 0,928. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan akademik siswa. Maka diperoleh perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 117,25 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 57,25. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n = 8, α = 0,05 sesuai kriteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 6 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh konseling kelompok teknik restrukturisasi kognitif terhadap kecemasan akademik siswa kelas XI SMA Negeri 5 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-021 |
Keywords: | Konseling Kelompok Teknik Restrukturisasi Kognitif; Kecemasan Akademik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:24 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46721 |