Maharani, Mella (2022) Pengaruh Layanan Penguasaan KontenTeknik Modeling Terhadap Resiliensi Akademik Siswa Di SMPS Amir Hamzah Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183351035_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1183351035_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM. 1183351035_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM. 1183351035_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
5. NIM. 1183351035_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 1183351035_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1183351035_DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1183351035_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183351035_BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM. 1183351035_BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 1183351035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan
konten teknik modeling terhadap resiliensi akademik siswa di SMPS Amir
Hamzah Medan T.A. 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pre
test-post test group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 orang siswa
kelas VIII yang memiliki resilensi rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan
skala resiliensi akademik berjumlah 40 item pernyataan yang telah valid dan
reliable. Intrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konten.
Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh
signifikan pemberian layanan penguasaan konten teknik modelling terhadap
resiliensin akademik siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor
tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 109,4
sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 135,4. Hal ini dapat diperoleh dari
uji Wilcoxon yang menunjukan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung =
115 sedangkan Jtabel = 66. Dari tabel kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon
untuk n=22, ɑ=0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis,
hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 115 > 66, dari perhitungan ini dapat
dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini
menunjukan ada pengaruh layanan penguasaan konten teknik modelling terhadap
resiliensi akademik siswa Di SMPS Amir Hamzah Medan T.A 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Layanan Penguasaan Konten, Teknik Modeling, Resiliensi Akademik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 09:07 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 09:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46707 |