Nasution, Putra Anggana (2021) Kemampuan Mengidentifikasi Nilai-Nilai Dan Isi Yang Terkandung Dalam Hikayat Ibnu Hasan Pada Siswa Kelas X SMK Al-Fajar Sibuhuan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2163311028 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 2163311028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
3. NIM 2163311028 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
4. NIM 2163311028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM 2163311028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
6. NIM 2163311028 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7. NIM 2163311028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
8. NIM 2163311028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 2163311028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
13. NIM 2163311028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM 2163311028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat Ibnu Hasan pada siswa kelas X. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Al-Fajar Sibuhuan tahun pembelajaran 2020/2021 berjumlah 88 siswa. Keseluruhan populasi adalah sampel, diambil sampel keseluruhan dari kelas X yang berjumlah 88 siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes uraian yaitu mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat Ibnu Hasan pada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas X SMK Al- Fajar Sibuhuan dalam mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat Ibnu Hasan memperoleh nilai rata-rata tergolong dalam kategori baik. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan mengidenifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat Ibnun Hasan pada siswa kelas X SMK Al- Fajar Sibuhuan tahun ajaran 2020/2021 diketahui sebanyak 7 siswa (7,95%) berada pada rentang skor 86-100% termasuk dalam kategori sangat baik, 53 siswa (60,23%) berada pada skor pada rentang 70-84 kategori baik, 22 siswa (25%) berada pada rentang 60-69 termasuk dalam kategori cukup, 6 siswa (6,82%) berada pada rentang kate50-59 termasuk dalam kategori kurang dan kategori sangat kurang tidak ada. Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa terkhususnya dalam mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat Ibnu Hasan. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka, guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajajaran mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam hikayat Ibnu Hasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan mengidentifikasi; nilai-nilai; dan isi hikayat Ibnu Hasan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 01:58 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46700 |