Ritonga, Nina Agustina (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Minat Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pada Tema Globalisasi Siswa Kelas IV SD Negeri No.118444 Podo Rukun Labuhan Batu Selatan. Pendidikan Dasar, Pascasarjana, 2022. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186182013 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM. 8186182013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
3. NIM. 8186182013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
4. NIM. 8186182013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 8186182013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6. NIM. 8186182013 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 8186182013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 8186182013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM. 8186182013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
13. NIM. 8186182013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM. 8186182013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV di SD Negeri 118444 dengan mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) sebanyak 54 orang siswa. Penelitian ini berjenis Quasi Experimental Design. Analisis data menggunakan berbantuan SPSS 22.0 dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PPKn dan instrumen minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Kooperatif lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Langsung; (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar rendah (3) interaksi antara model pembelajaran Kooperatif dan(4) minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas IV SD Negeri 118444 Podo Rukun ; (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki minat belajar rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Kooperatif dan Minat Belajar terhadap hasil belajar PPKn Siswa di SD Negeri 118444 Podo Rukun.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Rit p |
Keywords: | Hasil belajar; Minat; Model pembelajaran Kooperatif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 05:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46696 |