Afrilia, Dwi (2022) Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Berbasis Google Form Pada Penilaian Diri dalam Kurikulum 2013 di SDN 050591 Padang Cermin Kab. Langkat. Masters thesis, UNIMED.
1 NIM 8196181005 COVER.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2 NIM 8196181005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
3 NIM 8196181005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4 NIM 8196181005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5 NIM 8196181005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6 NIM 8196181005 TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7 NIM 8196181005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8 NIM 8196181005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9 NIM 8196181005 CHAPIER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13 NIM 8196181005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
14 NIM 8196181005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap sosial berbasis google form yang efektif pada penilaian diri dalam kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dasar negeri 050591 Padang Cermin Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 050591 Padang Cermin tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 25 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Hasil penelitian menunjukkan (1) Berdasarkan hasil validitas ahli instrumen94.44%, ahli desain 85,42%, dan ahli bahasa 94, 23 %. Dari hasil validasi instrumen yang dikembangkan maka instrument termasuk dalam kriteria sangat baik dan dinyatakan valid serta layak untuk digunakan; (2) Instrumen penilaian sikap sosial berbasis google formdikategorikan praktis karena intrumen hasil tanggapan respon siswa dari uji coba skala kecil dan uji coba skala besar mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat bahwa siswa lebih mudah dalam menggunakan penilaian berbasis google form. dengan persentase rata-rata Uji skala kecil respon siswa 88.1% dan Uji skala besar respon siswa meningkat dengan persentasi 91,9% tertarik dengan modul. Dari hasil tersebut dapat diasumsikan bahwa jika nilai lebih dari 90 maka dikategorikan sangat baik. Apabila kategori sangat baik maka instrumen penilaian sikap sosial berbasis google form. Maka dari itu penulis menyarankan guru lebih menguasai segala bentuk penilaian agar kedepannya lebih mudah dalam menjalankan penilaian.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Afr p |
Keywords: | Instrumen Penilaian Sikap Sosial; Penilaian Diri; Google Form |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 05:14 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46693 |