Simbolon, Kiki Tristiawanti (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Digital Berorientasi Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Visual Thinking dan Kemandirian Beljar Siswa SMA Yapim Taruna Marelan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186172011 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM 8186172011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
3. NIM 8186172011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 8186172011 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 8186172011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
6. NIM 8186172011 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM 8186172011 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
8. NIM 8186172011 LIST OF APPEDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 8186172011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8186172011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
14. NIM 8186172011 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan digital dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran digital berorientasi pendekatan matematika realistik yang efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan perangkat digital tersebut dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan transformasi geometri untuk siswa kelas XI SMA. Penelitia ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama adalah pengembangan perangkat pembelajaran digital. Pengembangan perangkat pembelajaran digital berorientasi pendekatan matematika realistik dengan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (four D models). Tahap kedua adalah implementasi perangkat pembelajaran yang dianggap sudah layak. Rancangan dalam ujicoba menggunakan one-group posttest-only design.Temuan hasil penelitian yakni perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, buku siswa, lembar kerja peserta didik, tes visual thinking dan skala kemandirian belajar siswa telah memenuhi kriteria baik/valid, respon siswa pada uji coba I diperoleh rata-rata keseluruhan 92,57% dan uji coba II diperoleh rata-rata keseluruhan 91,86% yang berarti respon siswa positif; 3) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (i) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 83,33% dan pada uji coba II sebesar 88,89%, (ii) ketercapaian tujuan pembelajaran pada uji coba I tidak tercapai pada soal no 3 dan soal no 4 dan pada uji coba II tercapai pada setiap butir soal, (iii) pencapaian waktu ideal sesuai dengan tuntutan kurikulum; 4) respons siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran adalah positif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sim p |
Keywords: | perangkat pembelajaran digital; pendekatan matematika realistik; kemampuan visual thinking; kemandirian belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 05:08 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 05:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46692 |