Andriani, Mima (2022) Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring Terhadap Self Confidence Siswa Kelas XI SMA Budi Agung Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1171151020_COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM. 1171151020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. NIM. 1171151020_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. NIM. 1171151020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. NIM. 1171151020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6. NIM. 1171151020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 1171151020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1171151020_BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
12. NIM. 1171151020_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM. 1171151020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepercayaan diri dengan menggunakan Konseling Kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring dalam meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas XI SMA Swasta Budi Agung Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu atau Quasi experimental. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 8 orang siswa kelas XI yang memiliki kepercayaan diri rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan angket kepercayaan diri berbicara di depan kelas yang berjumlah 35 item yang telah valid dan reliable. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh positif dan signifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring. Hal ini dapat diperoleh hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 8 dengan α = 0,05 dan N = 8 maka diperoleh nilai Jtabel = 4. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh hasil bahwa Jhitung> Jtabel dimana 8 > 4, artinya hipotesis diterima. Data pre-test kepercayaan diri atau sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik teknik Cognitive Restructuring diperoleh skor rata-rata sebesar 51,875 sedangkan data post-test kepercayaan diri atau setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik Cognitive Restructuring diperoleh skor rata-rata sebesar 102,12. Artinya terjadi perubahan tingkat kepercayaan diri dengan selisih skor 50,25 atau sebesar 49,20%. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik self control terhadap kepercayaan diri berbicara didepan kelas pada siswa kelas XI SMA Swasta Budi Agung Tahun Ajaran 2021/2022 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-027 |
Keywords: | Konseling Kelompok; Cognitive Restructuring; Kepercayaan diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF697 Differential psychology. Individuality. Self L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 08:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46686 |