Pakpahan, Masriani (2021) Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Self Control Terhadap Kepercayaan Diri Berbicara Didepan Kelas Pada Siswa Kelas VII Smp Swasta Karya Bunda Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1171151017_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1171151017_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
3. NIM. 1171151017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 1171151017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1171151017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 1171151017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1171151017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 1171151017_BAB I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
12. NIM. 1171151017_BAB V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM. 1171151017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik self control terhadap kepercayaan diri berbicara didepan kelas pada siswa kelas VII SMP SWASTA KARYA BUNDA Tahun Ajaran 2021/2022.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu atau quasi experiment. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 8 orang siswa kelas VII yang memiliki kepercayaan diri berbicara didepan kelas yang rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan angket kepercayaan diri berbicara didepan kelas yang berjumlah 29 item yang telah valid dan reliable. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik self control. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh positif dan segnifikan pemberian layanan konseling kelompok teknik self control. Hal ini dapat diperoleh hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Jhitung = 10 dengan α = 0,05 dan N = 8 maka diperoleh nilai Jtabel = 4. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh hasil bahwa Jhitung> Jtabel dimana 10 > 4, artinya hipotesis diterima. Data pre-test kepercayaan diri berbicara didepan kelas atau sebelum diberikan layanan konseling kelompok teknik teknik self control diperoleh skor rata-rata sebesar 56 sedangkan data post-test self Kepercayaan diri berbicara didepan kelas atau setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik self control diperoleh skor rata-rata sebesar 90. Artinya terjadi perubahan tingkat kepercayaan diri berbicara didepan kelas dengan selisih skor 34 atau sebesar 37,7 %. Hal ini menunjukkan ada pengaruh layanan konseling kelompok teknik self control terhadap kepercayaan diri berbicara didepan kelas pada siswa kelas VII SMP Swasta Karya Bunda Tahun Ajaran 2020/2021 atau hipotesis dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-010 |
Keywords: | Konseling Kelompok; Teknik Self Control; Kepercayaan Diri Berbicara Didepan Kelas |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF697 Differential psychology. Individuality. Self L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 08:16 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46672 |