Kejenuhan Belajar Selama Pembelajaran daring dan Luring pada Siswa Kelas V SD Negeri Di Kecamatan Marbau Tahun Ajaran 2020/2021

Krismawati, Dhika (2021) Kejenuhan Belajar Selama Pembelajaran daring dan Luring pada Siswa Kelas V SD Negeri Di Kecamatan Marbau Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1173151013_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173151013_COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173151013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1173151013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1173151013_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173151013_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173151013_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173151013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173151013_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173151013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173151013_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173151013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173151013_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173151013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173151013_DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173151013_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1173151013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1173151013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1173151013_BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1173151013_BAB I.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 1173151013_BAB II.pdf] Text
11. NIM. 1173151013_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)
[thumbnail of 12. NIM. 1173151013_BAB III.pdf] Text
12. NIM. 1173151013_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[thumbnail of 13. NIM. 1173151013_BAB IV.pdf] Text
13. NIM. 1173151013_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 14. NIM. 1173151013_BAB V.pdf] Text
14. NIM. 1173151013_BAB V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 15. NIM. 1173151013_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. NIM. 1173151013_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)
[thumbnail of 16. NIM. 1173151013_LAMPIRAN.pdf] Text
16. NIM. 1173151013_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat, dampak serta cara siswa mengatasi kejenuhan belajar Selama Pembelajaran daring dan Luring pada Siswa Kelas V Sd Negeri Di Kecamatan Marbau T.A 2020/2021.Jenis penelitian yang digunakan adalah KuantitatifDeskriftif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan angket tertutup yang telah dinyatakan valid dan reliabel terlebih dahulu kemudian menggunakan data pendukung wawancara tidak langsung melalui google form. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 209 orang siswa kelas V dari ke duapuluh tujuh SD Negeri di Kecamatan Merbau. Data penelitian dikumpulkan dengan angket kejenuhan belajar berjumlah 42 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan tabulasi silang dan perhitungan rata – rata serta standar deviasi. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan rata – rata dan tabulasi silang didapati bahwa kejenuhan belajar yangdialami siswa kelas V diduapuluh tujuh SD Negeri di Kecamatan Marbau berada dalam kategorisasi sedang sejumlah 107 orang ( 51%), dengan mayoritas sampel adalah usia 10 tahun sejumlah 123 orang (59%), mengalami dampak kerenuhan belajar seperti rasa malas, punggung sakit, lemas, menangis, dan terlambat dalam mengirimkan tugas. Dampak Kejenuhan belajar terbesar yang dialami siswa kelas V selama pembelajaran daring dan luring adalah rasa malas yaknisejumlah 109siswa (51%). Cara mengatasi kejenuhan belajar yang dialami siswa beragam yakni, beristirahat (44%), bermain game (22%), menonton TV (11%), memakan camilan (5%), mendengarkan musik (11%), bermain dengan teman (4%), nonton youtube (1%), mengobrol dengan teman (0,5), bermain bola (0,5) dan tidur (0,5). Berdasarkan hasil tabulasi silang didapati hubungan bahwa mayoritas siswa laki – lakimengalami kejenuhan dalam belajar, dengan bentuk kejuhanan berupa rasa malas karena terlalu sering mengerjakan tugas dan sulitnya menemukan jawaban dari soal dan kebanyakkan siswa mengatasi kejenuhan belajar dengan beristirahat, main game, menonton TV serta mendengarkan musik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BK-017
Keywords: Kejenuhan Belajar; Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF697 Differential psychology. Individuality. Self
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Jul 2022 08:17
Last Modified: 17 Sep 2025 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46664

Actions (login required)

View Item
View Item