Lestari (2021) Hubungan Kemampuan Berpikir Logis dengan Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Siswa Pada Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selaan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2171111021 COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM. 2171111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
3. NIM. 2171111021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM. 2171111021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM. 2171111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
6. NIM. 2171111021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 2171111021 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 2171111021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 2171111021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13. NIM. 2171111021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14. NIM. 2171111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
Abstract
Kemampuan menulis teks negosiasi siswa sangat berpengaruh oleh beberapa aspek salah satunya aspek penalaran. Aspek ini sangat berperan sekali terhadap kemampuan menulis, karena di dalam menulis harus diungkapkan secara nalar yang logis atau sesuai dengan pola penalaran. Penalaran adalah suatu proses berpikir dengan menghubung-hubungkan bukti, fakta, petunjuk atau eviden, ataupun suatu yang dianggap bahan bukti menuju pada suatu kesimpulan. Kegiatan penalaran adalah proses berpikir logis. Berpikir logis dapat diartikan sebagai kegiatan berpikir menurut suatu pola tertentu atau dengan perkataan lain menurut logika tertentu.Kegiatan menulis teks negosiasi adalah salah satu latihan yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir logis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selaan Tahun Ajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah 243 siswa dari jumlah keseluruhan kelas X. Sampel yang diambil berjumlah 25% maka 60 siswa dari jumlah populasi maka dalam penelitian ini diambil yaitu pada kelas X- MIA1 dan X-MIA2 yang berjumlah 60 siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan tes pilihan berganda dan essay. Kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan, menunjukkan bahwa kemampuan berpikir logis siswa dapat dikategorikan cukup, kemampuan menulis teks negosiasi siswa dapat dikategorikan cukup baik dan hubungan kemampuan berpikir logis siswa dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa di peroleh 3,634 pada hasil uji t maka dapat di simpulkan bahwa adanya hubungan antara kemampuan berpikir logis dengan kemampuan menulis teks negosiasi siswa pada kelas X SMA Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Berpikir logis; menulis teks negosiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 09:08 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46656 |