Desiani, Khoirunnisa Mei (2021) Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Kajian Sintaksis pada Teks Cerita Inspiratif Siswa Kelas IX SMP Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2173311037 COVER.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
2. NIM 2173311037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (679kB) | Preview
3. NIM 2173311037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM 2173311037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
5. NIM 2173311037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. NIM 2173311037 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
7. NIM 2173311037 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM 2173311037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
12. NIM 2173311037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM 2173311037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan frase dan kesalahan penggunaan kalimat pada penulisan teks cerita inspiratif siswa kelas IX SMP Negeri 7 Medan tahun pembelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini berupa metode kualitatif. Instrumen penelitian ini berupa lembar penilaian terhadap data kesalahan penggunaan frase dan kesalahan penggunaan kalimat yang ditemukan dalam teks cerita inspiratif siswa kelas IX. Terdiri 2 jenis kesalahan penggunaan frase antara lain: penggunaan preposisi yang tidak tepat (2 frase atau 11%), dan penggunaan unsur yang berlebihan/mubazir (1 frase atau 6%). Sehingga, dapat dirincikan 3 kesalahan penggunaan frase atau sebesar 17%. Sedangkan kesalahan penggunaan kalimat terdiri dari 5 jenis kesalahan penggunaan kalimat antara lain: kalimat yang tidak logis (2 kalimat atau 11%), penggunaan kata tanya yang tidak perlu (6 kalimat atau 33%), istilah asing (2 kalimat atau 11%), penghilangan konjungsi (1 kalimat atau 6%) dan penggunaan konjungsi yang berlebihan (4 kalimat atau 22%). Sehinggga, dapat dirincikan 15 kesalahan penggunaan kalimat atau sebesar 83%. Dapat disimpulkan, terdapat kesalahan penggunaan frase sebanyak 3 dan kesalahan penggunaan kalimat sebanyak 15.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Analisis; Kesalahan Frase; Kesalahan Kalimat; Teks Cerita Inspiratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 15 Aug 2022 09:08 |
Last Modified: | 15 Aug 2022 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46654 |