Afifah, Zainab (2021) Analisis Penyelenggaraan Makanan Pada Pembelajaran Unit Produksi Secara Daring Di UNIMED. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5163142017 COVER.pdf
Download (96kB)
2. NIM 5163142017 APPROVAL SHEET.pdf
Download (958kB)
3. NIM 5163142017 PREFACE.pdf
Download (127kB)
4. NIM 5163142017 ABSTRACT.pdf
Download (180kB)
5. NIM 5163142017 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (125kB)
6. NIM 5163142017 TABLE.pdf
Download (131kB)
7. NIM 5163142017 APPENDICES.pdf
Download (34kB)
8. NIM 5163142017 CHAPTER I.pdf
Download (270kB)
12. NIM 5163142017 CHAPTER V.pdf
Download (111kB)
13. NIM 5163142017 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (161kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Karakteristik Konsumen, (2) Penyelenggaraan Makanan, (3) Tingkat Kepuasan Konsumen. Lokasi penelitian di Prodi Pendidikan Tata Boga Fakultas Teknik UNIMED. Teknik pengambilan sampel secara total sampling dengan jumlah 48 orang dan sampel konsumen menggunakan purposive sampling sebanyak 48 orang. Waktu penelitian Desember 2020 – Februari 2021. Desain penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis IPA (Importance Performance Analysis) dan analisis CSI (Costumer Satisfaction Index) menggunakan Microsoft Excel 2016 dan SPSS 18.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen sebagian besar konsumen yaitu remaja akhir usia 17-25 tahun (82%), berjenis kelamin wanita (77%), dan pekerjaan mahasiswa (63%). Penyelenggaraan makanan terdiri dari perencanaan menu, pengolahan makanan dan minuman, penyajian makanan dan minuman, serta sarana dan prasarana. Tingkat kepuasan konsumen analisis IPA (Importance Performance Analysis) menunjukkan bahwa perlu adanya perbaikan atribut pada kuadran A meliputi tekstur minuman, porsi minuman, penyajian kemasan minuman, aroma makanan dan minuman, bumbu dan penyedap makanan, kebersihan, ketepatan penggunaan kemasan makanan, ketersediaan menu, dan promosi. Mahasiswa menerapkan proses pengolahan makanan dan minuman dengan baik. Nilai CSI (Costumer Satisfaction Index) diperoleh sebesar 88.50 persen menunjukkan konsumen merasa sangat puas terhadap kinerja mahasiswa pada saat praktik unit produksi secara daring. Sedangkan untuk tingkat kesukaan konsumen terhadap makanan untuk warna 58 persen sangat baik, rasa 54 persen enak , tekstur 60 persen sangat baik, dan aroma 52 persen sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 21 Jul 2022 07:23 |
Last Modified: | 03 May 2024 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46611 |