Okvawani BN, Ruri (2021) Pengaruh Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Dalam Mencegah Kenakalan Siswa Di SMP Negeri 2 Sunggal Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3163311035 COVER.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM. 3163311035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM. 3163311035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM. 3163311035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
5. NIM. 3163311035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
6. NIM. 3163311035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 3163311035 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3163311035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 3163311035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
13. NIM. 3163311035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 3163311035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan siswa SMP Negeri 2 Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskrtiptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta yang apa adanya dengan metode penelitian survey (lapangan) yaitu metode penelitian yang meneliti di lokasi penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021 berjumlah 282 orang siswa dengan sampel penelitian yang diambil secara random sampling (acak sederhana) 10% dari populasi yaitu sebanyak 28 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket (kuisoner) dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 24% Peran guru ppkn mempengaruhi mencegah kenakalan siswa di SMP Negeri 2 Sunggal tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dibuktikan dengan besarnya rhitung lebih besar dari rtabel atau 0,49>0,31 sehingga keofisien korelasi variabel X dan variabel Y adalah signifikan. Yang mana rtabel pada n= 28 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,31. Dan dari hasil penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 2,87 dan ttabel sebesar 1,70 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) = n-1 (28 –1= 27). Sehingga thitung > ttabe (2,87>1,70). Maka hal ini menunjukkan hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima yang menyatakan ada pengaruh peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam mencegah kenakalan siswa SMP Negeri 2 Sunggal Tahun Pembelajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PKN-016 |
Keywords: | Peran Guru; Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan; Kenakalan Siswa |
Subjects: | J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:05 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46575 |