Sidabutar, Elvani Triwana (2021) Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas IX MTs Nurul Iman Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2163111013 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM. 2163111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
3. NIM. 2163111013 ABSTRACAT.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
4. NIM. 2163111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
5. NIM. 2163111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 2163111013 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. NIM. 2163111013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 2163111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
12. NIM. 2163111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
13.NIM. 2163111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas IX MTs Nurul Iman Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IX MTs Nurul Iman Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 180 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik random sampling (acak kelas). Berdasarkan teknik tersebut yang terpilih dan menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX-2 dengan jumlah siswa 36 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes menulis teks eksplanasi. Teknik pengumpulan data dalam dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Data dalam penelitian ini adalah skor keterampilan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks eksplanasi siswa berdasarkan aspek struktur dibagi menjadi pernyataan umum skor rata-rata 94,44, deretan penjelas skor rata-rata 77,77, dan interpretasi skor rata-rata 71,80, sedangkan aspek unsur kebahasaan dibagi menjadi kalimat definisi skor rata-rata 84,52, penggunaan konjungsi kausalitas skor rata-rata 79,16, pernyataan sebab akibat skor rata-rata 82,14, penggunaan kata kerja skor rata-rata 93,05, dan penggunaan istilah ilmiah skor rata-rata 31,94. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas XI MTs Nurul Iman Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021 dalam menulis teks eksplanasi berdasarkan aspek struktur 81,84 dengan kategori baik dan unsur kebahasaan 74,3 dengan kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan; menulis; teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 01:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46564 |