Cahyo, Ahmad Nur (2021) Analisis Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Pembelajaran Sastra Dalam Buku Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2173111002 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 2173111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. NIM. 2173111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 2173111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 2173111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 2173111002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7. NIM. 2173111002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2173111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
12. NIM. 2173111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
13. NIM. 2173111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan nilai karakter yang terdapat pada materi pembelajaran sastra buku siswa kelas X kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Bahasa Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku paket Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas X kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah membaca,menandai, mengklarifikasi, menginterpretasikan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi.Hasil analisis nilai karakter pada materi pembelajaran sastra yang terdapat pada BAB IV dan BAB VIII pada buku siswa kelas X kurikulum 2013 edisi revisi 2017 hanya memiliki 17 nilai karakter yang terkandung didalamnya meliputi: 1) religius, 2) jujur,3) toleransi, 4) disiplin, 5) kerja keras, 6) mandiri, 7) demokratis, 8) rasa ingin tahu, 9) semangat kebangsaan, 10) cinta tanah air, 11) menghargai prestasi, 12) cinta damai, 13) bersahabat atau komunikatif, 14) gemar membaca, 15) peduli lingkungan, 16) peduli sosial, dan 17) tanggung jawab. Jumlah pemunculan masing masing nilain karakter dalam sikap religius sebanyak 30 kali , jujur sebanyak 14 kali,toleransi sebanyak 3 kali, disiplin sebanyak 1 kali, disiplin, kerja keras sebanyak 9 kali, mandiri sebanyak 2 kali, demokratis sebnayk 2 kali, rasa ingin tahu sebanyak 3 kali, semangat kebangsaan sebanyak 6 kali, cinta tanah air sebanyak 3 kali, menghargai prestasi sebanyak 3 kali,cinta damai sebanyak 3 kali, bersahabat atau komunikatif sebanyak 2 kali,gemar membaca sebanyak 1 kali, peduli lingkungan sebanyak 3 kali ,peduli sosial sebanyak 29 kali , dan tanggung jawab sebanyak 4 kali.Nilai karakter yang dominan adalah religius dan peduli sosial.Berdasarkan hasil identifikasi yang disampaikan diatas,dapat disimpulkan bahwa dalam materi pembelajaran sastra dalam buku paket siswa Bahasa Indonesia kurikulum 2013 edisi 2017 lebih terfokus pada pembelajaran dalam hal pendidikan karakter religius dan peduli sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Nilai karakter; Pembelajaran Sastra; Buku Paket Bahasa Indonesia Kurikulum 2013; Kelas X |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 01:47 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 01:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46531 |