Nasution, Ade Irwansyah Putra (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Matematis dan Self-efficcy Siswa Sekolah Menengah Atas. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8186172036 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM.8186172036 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
3. NIM.8186172036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM.8186172036 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
5. NIM.8186172036 Daftar isi.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
6. NIM.8186172036 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7. NIM.8186172036 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
8. NIM.8186172036 Bab I.pdf - Published Version
Download (829kB) | Preview
12. NIM.8186172036 Bab V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
13. NIM.8186172036 Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memperoleh perangkat pembelajaran yang valid (2) praktis (3) efektif (4) peningkatan kemampuan kreativitas matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan (5) peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri dari 4 tahap yaitu pendefenisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Hasil tahap pendefenisian digunakan untuk merancang perangkat pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diuji coba ke lapangan untuk melihat kepraktisan dan efektivitasnya. Perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif disebarkan ke forum MGMP untuk digunakan saat mempelajari materi barisan dan deret. Uji coba dilakukan dilapangan pada siswa kelas XI MIA SMA Islam Al-Ulum Terpadu medan. Dari hasil pengembangan ini diperoleh bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas LKPD = 4,16, Buku Guru = 4,05, Buku Siswa = 4,16 ;(2) perangkat pembelajaran praktis, dilihat melalui total kemampuan guru mengelola pembelajaran = 4,19 dan respon positif siswa terhadap pembelajaran= 93,74% ; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketuntasan belajar yang dilihat melalui ketuntasan klasikal kreativitas matematis = 100% ; (4) peningkatan kreativitas matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan = 0,89 kategori atau kategori “Tinggi” dan indikator kreatif paling meningkat adalah kemampuan berpikir elabotif (elaboration) yakni 0,79 ; (5)peningkatan self-efficacy belajar siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan = 0,14 atau kategori “rendah”.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Nas p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Berbasis Blended Learning; Kemampuan Kreativitas; self-efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 09:41 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 09:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46511 |