LPPM Universitas Negeri Medan (2021) PENINGKATAN KUALITAS PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PJOK BERBASIS MULTIMEDIA DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA MGMP KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. EC00202175071.
Sertifikat_EC00202175071.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Reviewer.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
Abstract
Mitra kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah Kabupaten Serdang Bedagai berjarak 86,2 km dari Universitas Negeri Medan. Dinas pendidikan Kabupaten Serdang Bedagai juga menghadapi permasalahan yang sama dengan daerah lainnya terutama dalam proses pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Kesehatan (PJOK) di SMK. Terdapat beberapa permasalahan mitra diantaranya di masa pandemi covid-19 pembelajaran penjas sangat tidak efektif, hal ini dikarenakan (1) Guru sulit mendapatkan media pembelajaran online sehingga proses pembelajaran cenderung pemberian tugas tanpa tatap muka (2) Rendahnya pemahaman guru dalam pembuatan media pembelajaran dimasa pandemi, (3) Sekolah tidak memfasilitasi media pebelajaran dimasa pandemi COVID-19. Dari ketiga permasalahan tersebut yang tentunya akan berefek terhadap rendahnya mutu pembelajaran dan hasil pembelajaran PJOK. Menyikapi efek dari permasalahan tersebut kiranya hal menjadi prioritas untuk diselesaikan bersama mitra dalam kegiatan ini adalah: (1) Memberi pengetahuan dan keterampilan kepada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PJOK di SMK untuk mencari media pembelajaran PJOK, (2) Memberikan pelatihan untuk membuat media pembelajaran seperti penggunaan aplikasi, video animasi, video tutorial serta pembuatan bahan ajar yang tepat dimasa pendemi Covid-19. Target luaran yang akan dicapai pada kegiatan ini sebagai berikut: (1) Luaran wajib; (a) jurnal ber ISSN, (c) publikasi media cetak /online, (2) Luaran tambahan; poduk barang Media Pembelajaran PJOK.
Metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan pengabdian adalah model pemberdayaan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut : 1) penjajakan dilakukan untuk memperoleh kesepakatan tentang mekanisme pelaksanaan pendampingan dengan cara Focus Group Discusion; 2) pelaksanaan workshop untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam perancangan media pembelajaran berbasis multimedia; 3) lesson study atau bimbingan teknis I untuk mendampingi perancangan media pembelajaran berbasis multimedia bagi peserta; 4) evaluasi dan refleksi untuk melihat tingkat ketercapaian pelaksanaan kegiatan; 5) lesson study atau bimbingan teknis 2 dilakukan untuk finalisasi media pembelajaran berbasis multimedia.
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 08:52 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 09:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46505 |