Abidah, Sitti (2021) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Pada Kelas IV Sekolah Dasar di Kabupaten Aceh Utara. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196181001 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM 8196181001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
3. NIM 8196181001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
4. NIM 8196181001 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
5. NIM 8196181001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 8196181001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7. NIM 8196181001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
8. NIM 8196181001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
9. NIM 8196181001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
13. NIM 8196181001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
14. NIM 8196181001 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari bahan ajar dan pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru, siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Selain itu juga bahan ajar yang digunakan oleh guru kurang membawa dampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Menghasilkan produk bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal pada kelas IV sekolah dasar di kabupaten Aceh Utara dan sesuai dengan tuntutan KD/ KI pada kurikulum 2013; (2) Mengetahui kepraktisan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal pada kelas IV sekolah dasar di kabupaten Aceh Utara yang telah dikembangkan; dan (3) Mengetahui efektifitas bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal pada kelas IV sekolah dasar di kabupaten Aceh Utara yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 10
Tanah Jambo Aye kabupaten Aceh Utara dan sebagai objek dalam penelitian ini
adalah bahan ajar yang dikembangkan.Instrumen pengeumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar; (2) Observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria ketuntasan perorangan maka dapat ditentukan siswa yang telah tuntas belajar secara perorangan. Berdasarkan data diketahui bahwa ketuntasan secara klasikal sudah mencapai 88,00%. Sehingga hasil belajar secara klasikal sudah tuntas. Dengan kata lain dapat dinyatakan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran yang selama ini digunakan oleh guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Abi p |
Keywords: | bahan ajar tematik; kearifan lokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 06:36 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 06:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46489 |