Hasibuan, Heri Aftitah (2022) Pengembangan Modul PPKn Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 106206 Sidodadi. Masters thesis, UNIMED.
1. 8186182020 COVER.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
2. 8186182020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. 8186182020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
4. 8186182020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
5. 8186182020 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
6. 8186182020 TABLES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
7. 8186182020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. 8186182020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
9. 8186182020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. 8186182020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
14. 8186182020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, kelayakan, dan keefektifan modul PPKn berbasis kearifan lokal, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema indahnya keragaman di negeriku. Penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Reseach & Development), dengan desain penelitian ADDIE. Subjek penelitian, satu orang guru kelas IV dan 20 peserta didik kelas IV, serta 3 orang ahli validator. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan tes. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata 84%, validasi ahli desain diperoleh skor rata-rata 91%, dan validasi ahli bahasa diperoleh skor rata-rata 88%. Dari ketiga validator ahli diperoleh skor rata- rata 87,66% dengan kategori modul sangat layak digunakan. Hasil angket respon peserta didik berdasarkan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan diperoleh skor rata-rata 85% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik diperoleh rata-rata hasil pree test 46,66% dan rata-rata hasil post test memperoeh nilai 86,66%. Berdasarkan kriteria penilaian n-gain score, efektivitas modul PPKn berbasis kearifan lokal memperoleh nilai 0,74% yang berarti berada dalam rentang 0,70<gs≤gs1,00 digolongkan pada kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa modul PPKn berbasis kearifan lokal efektiv meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Has p |
Keywords: | modul PPKn; kearifan lokal; hasil belajar |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K520 Comparative law. International uniform law > K3440 Civil service. Government officials and employees L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 05:07 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 05:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46476 |