Munawarah, Khaida (2022) Pengembangan Media Interaktif pada Pembelajaran Teks Ekspalanasi Berbasis Multiliterasi Kelas XI SMA Tunas Pelita Binjai. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186192003 COVER.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
2. NIM. 8186192003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 8186192003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
4. NIM. 8186192003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. NIM. 8186192003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 8186192003 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8186192003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8186192003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 8186192003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
13. NIM. 8186192003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
14. NIM. 8186192003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif pembelajaran teks eksplanasi berbasis multiliterasi yang sesuai untuk siswa kelas XI SMA Tunas Pelita Binjai. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah media interaktif dalam pembelajaran teks eksplanasi berbasis multiliterasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Indonesia dan 25 siswa kelas XI SMA Tunas Pelita Binjai. Penelitian ini mengadopsi model pembelajaran Research & Development (R&D) oleh Borg and Gall. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu Tahap I Analisis, Tahap II Pengembangan Produk, dan Tahap III Pengembangan Produk dan Uji Coba. (2) Hasil validasi ahli materi untuk kelayakan isi materi memiliki kriteria “Sangat Baik” dengan persentase 88,23%. Penilaian kelayakan penyajian memiliki kriteria “Baik” dengan persentase 79,10%. Penilaian kelayakan bahasa memiliki kriteria “Baik” dengan persentase 79,80%. Penilaian aspek kegrafikan memiliki kriteria “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 86,32%. (3) Keefektifan produk diperoleh melalui hasil belajar siswa dengan persentase 88,4, sedangkan keefektifan memahami teks eksplanasi tanpa media pembelajaran dengan persentase 59. Hasil tersebut menunjukkan bahwa rata-rata skor siswa meningkat dengan selisih 29.4. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media interaktif dalam pembelajaran teks eksplanasi berbasis multiliterasi layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas XI SMA Tunas Pelita Binjai.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.882 072 Mun p |
Keywords: | media interaktif; teks eksplanasi; multiliterasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4400 Letters (Literary history) P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 09:07 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 09:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46447 |