Sinabang, Parawisata (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP METHODIST 1 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143311027 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM 4143311027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
3. NIM 4143311027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
4. NIM 4143311027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. NIM 4143311027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
9. NIM 4143311027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
13. NIM 4143311027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
14. NIM 4143311027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Assisted Individualizationdi Kelas VIII-B SMP Methodist 1 Medan. Subjek penelitian adalah kelas VIII-B SMP Methodist 1 Medan yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Assisted Individualizationdi kelas VIII-B SMP Methodist 1 Medan T.A 2019 / 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Bentuk soal untuk setiap tes adalah uraian. Prosedur yang pertama pada penelitian ini adalah memberi tes kemampuan awal kepada kelas yang diteliti, guna untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematika awal siswa. Kedua mengadakan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Assisted Individualization dengan materi Pola bilangan. Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan kesulitan awal siswa. Dari hasil tes awal yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata – rata kelas VIII-B adalah 47,57. Setelah pemberian tindakan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Assisted
Individualization pada siklus I, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah I adalah 71,09 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 23 orang (71,87%). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I pada siklus II, nilai rata – rata tes kemampuan pemecahan masalah II adalah 82,89 dengan jumlah siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal sebanyak 28 orang (87,5%). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Assisted Individualization pada pokok bahasan pola bilangan di kelas VIII-B SMP Methodist 1 Medan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dimana peningkatan diperoleh setelah siklus II dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 192 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Pemecahan masalah; Lingkaran; Team assisted individualization |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 04:12 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46429 |