Emiliya, Rizky (2015) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM MODEL DISCOVERY DAN PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN ASAM DAN BASA DI SMA KELAS XI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8136141009 Cover.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. 8136141009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
3. 8136141009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. 8136141009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. 8136141009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. 8136141009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. 8136141009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8. 8136141009 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
9. 8136141009 Bab I.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
10. 8136141009 Bab V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
11. 8136141009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran dibidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan penuntun praktikum kimia materi Asam dan Basa Model Discovery dan Project Based Learning SMA Kelas XI serta mengetahui efektifitas penggunaan penuntun praktikum model Discovery dan Project Based Learning yang telah di kembangkan. Adapun tahapan dalam penelitian ini mencakup (1) Analisis syntax model pembelajaran Discovery dan Project Based Learning untuk mengetahui komposisi penuntun praktikum kimia sesuai dengan model pembelajaran Discovery dan Project based learning, (2). Menyusun dan mengembangkan penuntun praktikum kimia materi Asam dan Basa Sesuai dengan syntax model Discovery dan Project Based Learning, (3) Standardisasi atau uji kelayakan penuntun praktikum kepada validator guru dan dosen, (4) Implementasi penuntun praktikum kepada siswa kelas XI SMA yang menggunakan Kurikulum 2013, (5) Menganalisis efektifitas penuntun praktikum materi asam dan basa yang telah di uji cobakan. Hasil uji kelayakan penuntun praktikum menunjukkan penuntun praktikum model Discovery memiliki rata-rata penilaian sebesar 3,30. Dan penuntun Praktikum Model Project Based Learning Sebesar 3,59. sedangkan efektifitas penggunaan penuntun praktikum model Discovery dan Project Based Learning yang dilihat dari peningkatan belajar siswa diketahui bahwa kelas eksperimen I yang menggunakan penuntun praktikum model Discovery memiliki nilai rata-rata sebesar 88,00 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 79,3%. Sedangkan kelas eksperimen II yang menggunakan penuntun praktikum model Project Based Learning memiliki rata-rata nilai sebesar 77,50 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 61,7%. Maka disimpulkan bahwa penuntun praktikum model Discovery dan Project Based Learning layak untuk digunakan sebagai penuntun praktikum disekolah, dengan peningkatan hasil belajar menggunakan penuntun praktikum Discovery lebih tinggi dibanding menggunakan penuntun praktikum model Project Based Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 546.071 2 Emi p |
Keywords: | Model Discovery; Model Project Based Learning; Penuntun Praktikum. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4635 |