Simatupang, Suriani Santati (2022) Pengembangan Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Technologigal Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Negeri No 104607 Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Masters thesis, UNIMED.
1. 8196132009 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. 8196132009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
3. 8196132009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
4. 8196132009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. 8196132009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
6. 8196132009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7. 8196132009 TABLES.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
8. 8196132009 CHART.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
9. 8196132009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
10. 8196132009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (14MB) | Preview
14. 8196132009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
15. 8196132009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (13MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan menemukan model dan mengetahui keefektifan model kepemimpinan kepala sekolah berbasis TPACK dan menghasilkan sebuah produk berupa buku panduan pelatihan pengembangan model kepemimpinan kepala sekolah berbasis Technologigal Pedagogical Content And Knowledge (TPACK). Subjek penelitian ini kepala sekolah dan guru SD Negeri No 104607 Sei Rotan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementation dan tahap Evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, dan analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan data kuatitatif dan kuanlitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penelitian ini menghasilkan sebuah model yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru di sekolah, sebagai berikut: (a) kepala sekolah memperhatikan kebutuhan guru (b) kepala sekolah berkomunikasi secara efektif (c) kepala sekolah memberi teladan kepada bahawan (d) kepala sekolah menumbuhkan semangat bawahan dan (e) kepala sekolah meningkatkan kompetensi bawahan. 2) Keefektifan pengembangan peserta pelatihan melalui pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kepala sekolah dan guru dalam penggunaan TPACK. Hasil data pre-test keseluruhan peserta pelatihan terkhusus kepala sekolah, bahwa rata-rata pre-test kepala sekolah diperoleh hasil nilai 64,6 dengan persentasi yang dihasilkan 2582,9 %, dan di golongkan kategori baik. Selanjutnya untuk hasil post-test kepala sekolah diperoleh nilai 91,4 dengan persentasi yang dihasilkan 3474,3% dan dapat di kategorikan sangat baik. Adapun perubahan signifikan yang terjadi sebesar 886,1%. Maka dari data tersebut dapat ditegaskan adanya peningkatan TPACK kepala sekolah setelah mengikuti pelatihan model kepemimpinan kepala sekolah berbasis TPACK. Sedangkan hasil data pre-test peserta pelatihan untuk guru diperoleh rata-rata nilai untuk kategori cukup ada 14 pernyataan dengan presentase 52-60%, kategori baik 6 pernyataan dengan presentase 61,33-65,33%. Sehingga diperoleh hasil data keseluruhan pre-test 57,73% dengan kategori cukup. Sedangkan rata-rata post-test peserta pelatihan semuanya kategori sangat baik dengan presentase 82,67-93%. Sehingga diperoleh hasil data keseluruhan post-test 87,21% dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Sim p |
Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah; Technologigal Pedagogical And Content Knowledge (TPACK); Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2831 Administrative personnel |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 10:25 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 10:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46335 |