NITA, NOVIA (2021) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING TERHADAP SELF EFFICACY DI ERA PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA KELAS VIII-1 MTs NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1173151031 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
2. NIM 1173151031 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
3. NIM 1173151031 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
4. NIM 1173151031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 1173151031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6. NIM 1173151031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 1173151031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 1173151031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 1173151031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
10. NIM 1173151031 BAB I.pdf - Published Version
Download (636kB) | Preview
14. NIM 1173151031 BAB V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
15. NIM 1173151031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik cognitive restructuring terhadap self efficacy di era pembelajaran daring pada siswa kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII-1 yang memiliki skor self efficacy yang rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan angket self efficacy siswa dalam era pembelajaran daring berjumlah 47 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok teknik cognitive restructuring terhadap self efficacy siswa dalam era pembelajaran daring. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 69 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 146. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 6 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=8, α=0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung>Jtabel dimana 6>4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakukan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menujukkan ada pengaruh konseling kelompok teknik cognitive restructuring terhadap self efficacy di era pembelajaran daring pada siswa kelas VIII-1 MTs Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok Teknik Cognitive Restructuring, Self Efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:58 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46213 |