SIMANJUNTAK, JUIT YANTI (2021) PENGARUH KONSELING INDIVIDUAL TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PERILAKU ASERTIF DALAM BERPACARAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TANAH JAWA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161151023_COVER.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
2. NIM. 1161151023_ APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 1161151023_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
4. NIM. 1161151023_PREFACE.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
5. NIM. 1161151023_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. NIM. 1161151023_TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM. 1161151023_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 1161151023_APPENDICES.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
9. NIM. 1161151023_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
13. NIM. 1161151023_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
14. NIM. 1161151023_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh konseling individual teknik assertive training terhadap perilaku asertif dalam berpacaran pada siswa kelas XI SMA NEGERI 1 Tanah Jawa T.A 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Tanah Jawa T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest design yaitu penelitian yang memberikan perlakuan atau tindakan kepada sekelompok orang atau subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam mengumpulkan data ialah kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Wilcoxon yaitu untuk melihat apakah ada pengaruh pemberian layanan konseling individual teknik assertive training terhadap perilaku asertif dalam berpacaran pada siswa kelas XI SMA NEGERI 1 Tanah Jawa T.A 2020/2021.
Hasil analisis diperoleh bahwa data pre-test rata-rata sebesar 62,25 sedangkan data post-test setelah diberikan perlakuan konseling individual teknik assertive training mengalami peningkatan dengan skor rata-rata sebesar 99,25. Hal ini dapat diperoleh dari uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang wilcoxon diperoleh nilai terkecil yaitu Jhitung= 3 dengan α= 0,05 dan n= 4 sehingga nilai Jtabel= 0. Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel ( 3 > 0). Jadi dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh yang signifikan konseling individual teknik assertive training terhadap perilaku asertif dalam berpacaran siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanah Jawa T.A 2020/2021” atau hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Individual, Teknik Assertive Training, Perilaku Asertif dalam Berpacaran |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:53 |
Last Modified: | 20 Jun 2022 07:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46212 |