Tania, Wan Putri (2021) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA SISWA SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171111057 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4171111057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (403kB) | Preview
3. NIM. 4171111057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 4171111057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
5. NIM. 4171111057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM. 4171111057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13. NIM. 4171111057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 4171111057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh e-book berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi angket dan lembar validasi instrumen tes, lembar validasi RPP, lembar validasi e-book, tes kemampuan komunikasi matematis, serta angket respon siswa dan guru terhadap e-book. Setelah seluruh instrumen, RPP, dan e-book dinyatakan valid oleh validator, kemudian dilakukan uji keterbacaan dan uji coba lapangan. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil validasi RPP dengan persentase 88% (sangat valid), validasi e-book dengan persentase 82% untuk materi dan 90% untuk media dengan kategori sangat valid. Diperoleh hasil respon siswa dengan persentase kepraktisan 86% (sangat praktis) dan angket respon guru dengan persentase kepraktisan 86% (sangat praktis). Diperoleh hasil dengan memenuhi kriteria efektif dengan nilai ketuntasan belajar siswa secara klasikal 96%, lebih dari 65% siswa mencapai 75% tujuan pembelajaran untuk setiap indikator, dan waktu pembelajaran sama dengan pembelajaran biasa pada uji coba lapangan serta respon siswa baik terhadap e-book yang dikembangkan. Melalui uji Gain, terlihat bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan e-book berbasis PMR mengalami peningkatan sebesar 0,7 artinya dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 029 |
Keywords: | Pendidikan matematika realistik; Komunikasi matematis; E-book |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 09:29 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 09:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46191 |