PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TG. MORAWA

Aisyah, Siti Nur (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TG. MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173311095 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173311095 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173311095 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173311095 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173311095 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173311095 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173311095 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173311095 PREFACE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173311095 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173311095 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173311095 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173311095 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173311095 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173311095 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173311095 BIBLIOGRPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173311095 BIBLIOGRPHY.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang instrumen tes kemampuan penalaran matematis yang valid dan praktis. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa. Penelitian ini didesain dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan tipe Formative Evaluation terdiri dari Tahap Preliminary dan Protoyping (Self Evaluation, One-to-One, Small Group, Field Test). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A yang berjumlah 32 orang dan peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 4 Tanjung Morawa yang berjumlah 9 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan instrumen tes kemampuan penalaran matematis yang valid dan praktis terdiri dari 10 butir soal. Kevalidan dilihat dari hasil validasi isi oleh tim validator ahli menyatakan bahwa “soal dapat digunakan tanpa revisi” dan validitas butir tes untuk tiap butir tes dinyatakan “valid” karena t_hitung≥t_tabel pada setiap.perhitungan butir tes. Kepraktisan dilihat dari hasil angket respon siswa yang “tercapai” dengan presentase sebesar 85,41% dan angket respon guru yang “tercapai” dengan presentase sebesar 87,50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 014
Keywords: Penalaran matematis; Instrumen tes; Pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:49
Last Modified: 16 Jun 2022 02:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46174

Actions (login required)

View Item
View Item