Aisyah, Siti Nur (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TG. MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311095 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 4173311095 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
3. NIM 4173311095 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
4. NIM 4173311095 PREFACE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM 4173311095 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
9. NIM 4173311095 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM 4173311095 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
14. NIM 4173311095 BIBLIOGRPHY.pdf - Published Version
Download (659kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang instrumen tes kemampuan penalaran matematis yang valid dan praktis. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa. Penelitian ini didesain dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan tipe Formative Evaluation terdiri dari Tahap Preliminary dan Protoyping (Self Evaluation, One-to-One, Small Group, Field Test). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-A yang berjumlah 32 orang dan peserta didik kelas VIII-B SMP Negeri 4 Tanjung Morawa yang berjumlah 9 orang. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan instrumen tes kemampuan penalaran matematis yang valid dan praktis terdiri dari 10 butir soal. Kevalidan dilihat dari hasil validasi isi oleh tim validator ahli menyatakan bahwa “soal dapat digunakan tanpa revisi” dan validitas butir tes untuk tiap butir tes dinyatakan “valid” karena t_hitung≥t_tabel pada setiap.perhitungan butir tes. Kepraktisan dilihat dari hasil angket respon siswa yang “tercapai” dengan presentase sebesar 85,41% dan angket respon guru yang “tercapai” dengan presentase sebesar 87,50%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 014 |
Keywords: | Penalaran matematis; Instrumen tes; Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:49 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46174 |