Hutasoit, Novita (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KESALAHAN JAWABAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIEMPATNEMPU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171111037 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 4171111037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
3. NIM. 4171111037 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 4171111037 PREFACE.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM. 4171111037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
9. NIM. 4171111037 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM. 4171111037 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
14. NIM. 4171111037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Dalam pembelajaran matematika, komunikasi matematis merupakan suatu keterampilan penting yang harus dimiliki siswa. Komunikasi matematik merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika dan menjadi salah satu standar kompetensi yang harus dicapai siswa. Atas dasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa serta menganalisis kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematis pada materi terkhusus yakni materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV).Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siempatnempu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan komunikasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siempatnempu pada indikator (1) menjelaskan ide atau situasi dari suatu gambar atau grafik yang dijelaskan dengan kata-kata sendiri dalam bentuk tulisan (Menulis)berada pada kategori sangat rendah, dengan perolehan rata-rata skor sebanyak 26,39; pada indikator (2) menyatakan suatu situasi dengan gambar atau grafik (Menggambar)berada pada kategori sangat rendah,dengan perolehan rata-rata skor sebanyak 34,44; pada indikator (3) menyatakan situasi ke dalan model matematika (Ekspresi Matematik) berada pada kategori baik,dengan perolehan rata-rata skor sebanyak 78,88. Kemudian untuk letak kesalahan jawaban yang dibuat siswa meliputi beberapa jenis kesalahan yaitupada kesalahan konseptual, dengan persentase siswa sebanyak 12,21%, kesalahan prosedural dengan persentase siswa sebanyak 29,97% dan kesalahan teknik dengan persentase siswa sebanyak 15,17%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 008 |
Keywords: | Komunikasi matematis; Pemecahan masalah matematika; Persamaan linear dua variabel; Analisis kesalahan jawaban |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 08:15 |
Last Modified: | 14 Jun 2022 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46138 |