TAMPUBOLON, ELPRIDA (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KUALITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PEMBELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SILAEN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.7171143014.COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM.7171143014.APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
3. NIM 7171143014. PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. NIM 7171143014. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM 7171143014. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM 7171143014. TABLES.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7. NIM 7171143014. ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 7171143014. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (501kB) | Preview
12. NIM 7171143014. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM 7171143014. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan kualitas belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Silaen yang tergolong sudah termasuk dalam kategori yang baik tetapi presasi belajar siswa yang tergolong kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar dan kualitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Silaen. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Silaen dengan populasi sebanyak 66 orang siswa dan sampel berjumlah 66 orang siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah daftar nilai raport siswa serta angket motivasi belajar dan kualitas belajar dalam bentuk skala likert sebanyak masing-masing 30 item soal.
Hasil perhitungan regresi linear berganda adalah Y = 15,749 + 0,435 X1 + 0,387 X2. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dengan nilai thitung 2,683 dan nilai signifikan 0,009. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas belajar terhadap prestasi belajar, dengan nilai thitung 2,887 dengan nilai signifikan 0,005. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dengan prestasi belajar, dengan Fhitung 20,028 dan nilai signifikan 0,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Kualitas Belajar, Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Jun 2022 04:35 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46101 |