BUTAR-BUTAR, ELISA TANTI (2021) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIMED. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173143012 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2.NIM. 7173143012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM. 7173143012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
4. NIM. 7173143012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
5. NIM. 7173143012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 7173143012 TABLES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 7173143012 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
8. NIM. 7173143012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
9. NIM. 7173143012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
13. NIM. 7173143012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 7173143012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 dimana ditemukan selama proses belajar mengajar belum berlangsung secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Pemberlajaran E-Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan yang beralamat di Jalan Willem Iskandar Pasar V. Populasi dalam penelitian ini adalah 53 orang dan sampel sebanyak 53 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Total Sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto dengan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi dan angket/kusioner. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas, linearitas, multikoloniaritas, dan analisis regresi linear berganda.
Dari hasil penelitian, diperoleh Penerapan Pembelajaran E-Learning (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,279 lebih besar dari ttabel 2,008 dengan signifikansi 0,027 < 0,05. Motivasi Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan Hasil Belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 3,957 lebih besar dari ttabel 2,008 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Motivasi Belajar (X3) berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,805 lebih besar dari ttabel 1,987 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Secara simultan (uji F) ditunjukan dengan nilai Fhitung > Ftabel (12,628 > 3,18) dan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat dikatakan hipotesis diterima. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh R2 sebesar 0,336 artinya persentasi sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 33,6 % dan sisanya 66,4 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan Pembelajaran E-Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 02:35 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 05:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46095 |