Manurung, Febri Jounauli (2022) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA DHARMA PANCASILA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4173321017 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM 4173321017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
3.NIM 4173321017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
4. NIM 4173321017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
5.NIM 4173321017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9.NIM 4173321017 BAB I.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
13.NIM 4173321017 BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14.NIM 4173321017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning menggunakan google classroom terhadap hasil belajar fisika siswa.Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan T.A 2021/2022 . Pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secara acak (cluster random sampling) dengan menggunakan 2 kelas, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan model discovery learning menggunakan google classroom dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang telah divalidkan oleh validator. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t.Hasil analisis data diperoleh nilai rata – rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 34,19 dan 31.93. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians homogen. Berdasarkan uji t dua pihak didapat nilai thitung = 0,7609 dan ttabel = 2,000, pada taraf signifikan 0,05 (thitung < ttabel). Hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Nilai rata – rata postest kelas ekperimen dan kelas kontrol masing-masing 76,93 dan 66,12. Kedua kelas juga berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil analisis uji t satu pihak didapat nilai thitung = 4,28 dan ttabel = 1,671, pada taraf signifikan 0,05 (thitung > ttabel). Hal ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan model discovery learning menggunakan google classroom terhadap hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 018 |
Keywords: | Discovery learning; Google classroom; Gerak melingkar beraturan; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 04:10 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46055 |