Naibaho, Dimas Sandro Pratama (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI GERAK LURUS DI KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173321011 COVER.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2. NIM. 4173321011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
3. NIM. 4173321011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 4173321011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
5. NIM. 4173321011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
9. NIM. 4173321011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
13. NIM. 4173321011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM. 4173321011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrument tes berbasis High Order Thiking Skill (HOTS) pada materi gerak lurus yang layak digunakan sebagai evaluasi hasil pembelajaran pada siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas X MIA 3 Sma Negeri 2 Percut Sei Tuan dengan jumlah 30 orang. Jenis penelitian ini menggunakan model Penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dan menggunakan desain penelitian ADDIE. Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji validasi ahli memiliki nilai CVR (Content Validity Rasio) nilai tertinggi yaitu 4 (sangat valid) dan nilai terendah yaitu 1 (tidak valid).Hasil validitas butir pada kelompok kecil memiliki nilai tertinggi yaitu 0,95 (Valid) sedangkan kelompok besar memiliki nilai yaitu 1,20 (valid), hasil uji reliabilitas pada kelompok kecil memiliki nilai 0,58 (Reliabilitas sedang) dan pada kelompok besar memiliki nilai 0,74 (reliabilitas tinggi), hasil pada tingkat kesukaran kelompok kecil memiliki nilai 0,7 (tingkat kesukaran sedang) dan pada kelompok kecil nilai 0,8 (tingkat kesukaran mudah), hasil daya beda soal pada kelompok kecil memiliki nilai 0,75 (Baik) dan kelompok besar memiliki nilai 0,68 (baik). Hasil uji responden diketahui bahwa sebanyak 70% responden menyatakan setuju instrumen tes ini dikategorikan baik untuk digunakan. Berdasarkan keterangan tersebut, maka kesimpulan dari pengembangan instrumen tes berbasis High Order Thiking Skill (HOTS) dikelas x pada materi Gerak Lurus yang dikembangkan peneliti mendapatkan hasil soal yang layak digunakan adalah 10 soal dan memenuhi persyaratan instrumen yang baik sehingga layak digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 024 |
Keywords: | Gerak lurus; Tes tertulis; Instrumen tes; Kemampuan berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 05:44 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 05:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46046 |