Sitompul, Arnita (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TPACK PADA MATERI GERAK LURUS KELAS X DI SMA NEGERI 15 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173121002 COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
2. NIM. 4173121002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
3. NIM. 4173121002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
4. NIM. 4173121002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
5. NIM. 4173121002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM. 4173121002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 4173121002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 4173121002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan e-modul berbasis TPACK pada materi gerak lurus di SMA Negeri 15 Medan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D (Research and Development) dan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Untuk mengetahui kelayakan produk pada tahap pengembangan melibatkan dua validator yaitu ahli materi dan ahli media. Uji produk terdiri dari uji skala kecil dan uji skala besar. Uji coba skala kecil melibatkan 10 orang siswa, uji coba skala besar melibatkan 36 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas ahli, angket respon guru dan angket respon siswa. Pada tahap validasi hasil penilaian ahli materi, mendapat persentase rata-rata yaitu 92% dengan kategori sangat layak dan hasil penilaian ahli media mendapat persentase rata-rata yaitu 96% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian respon guru fisika dengan persentase rata-rata yaitu 96%. Hasil uji kelayakan e-modul oleh respon siswa dari angket yang diberikan uji skala kecil mendapatkan rata-rata 94% dan uji skala besar mendapatkan rata-rata 92%, hasil uji keefektifan e-modul yang diberikan kepada kelompok kecil mendapatkan n-gain sebesar 81% dan kelompok besar mendapatkan n-gain sebesar 79%. Hal ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan menarik, sangat layak, dan efektif sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 016 |
Keywords: | E-modul; Gerak lurus; Sigil software |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 03:39 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46034 |