PANJAITAN, KATARINA ANGGREAINI (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173341024 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 7173341024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM. 7173341024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 7173341024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. NIM. 7173341024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM. 7173341024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7. NIM. 7173341024 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7173341024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM. 7173341024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 7173341024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
14. NIM. 7173341024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sunggal. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sunggal yang beralamat di Jalan Sei Mencirim, Sei Semayang, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 99 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan tekniktotalsampling,yaitumengambilseluruhpopulasisebagaisampelpenelitian, yaitu berjumlah 99 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 24.
Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y= 29,192+0,242X1 + 0,477X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien Motivasi belajar (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila motivasi belajar (X1) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar siswa mata pelajaranekonomi(Y)akanmengalamipeningkatandansebaliknyadengansyarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien disiplin belajar (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila disiplin belajar siswa (X2)mengalamikenaikan,makaprestasibelajarsiswamatapelajaranekonomi(Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilaitetap.
Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi dengan nilai thitung sebesar 3,074 > 1,977 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,003<0,05. Disiplin belajar juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi dengan nilai nilai thitung sebesar 4,207 > 1,977 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05. Selanjutnya motivasi belajar dan disiplin belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi dengan nilai Fhitung sebesar 51,376 > 3,06 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 51,7%, sedangkan 48,3% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 01:38 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46009 |