ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X MIPA SMA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Situmorang, Irmawati (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X MIPA SMA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173341032 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173341032 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173341032 LEMBAR PERSETUJUAN (2).pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173341032 LEMBAR PERSETUJUAN (2).pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173341032 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173341032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173341032 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173341032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173341032 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173341032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173341032 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173341032 BAB I.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173341032 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173341032 BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 41573341032 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 41573341032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada Sub materi Invertebrata ditinjau dari aspek kognitif dan aspek indikator serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas X MIPA SMA Taman Siswa Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, sampel berjumlah 54 siswa yang terdiri dari 29 siswa XMIPA-1, 25 siswa XMIPA-2. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes hasil belajar siswa pada sub materi invertebrata dan angket kesulitan belajar. Persentase angket kesulitan belajar siswa aspek kognitif untuk C1 adalah 48,61% (sedang), C2 adalah 59,25% (sedang), C3 adalah 65,43% (tinggi), C4 adalah 68,51% (tinggi), C5 adalah 75,46% (tinggi), C6 adalah 71,60% (tinggi). Persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pembelajaran yaitu indikator pembelajaran 1 sebesar 65,73% (sangat tinggi) , indikator pembelajaran 2 sebesar 71,1% (sangat tinggi) , indikator pembelajaran 3 sebesar 64,35%(sangat tinggi), indikator pembelajaran 4 sebesar 67,12% (sangat tinggi), indikator pembelajaran 5 sebesar 66,66% (sangat tinggi), indikator pembelajaran 6 sebesar 58,51% (sangat tinggi). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: Kesehatan (Tinggi), Intelegensi (Tinggi), Minat (Tinggi), Motivasi (Tinggi), Sedangkan Faktor eksternal meliputi: Keluarga (Tinggi), Sekolah (Tinggi) Guru (Tinggi), Materi (Tinggi), dan Media massa (Tinggi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 BIO 034
Keywords: Invertebrata; Kesulitan belajar; Hasil belajar; Ranah kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:49
Last Modified: 06 Jun 2022 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45982

Actions (login required)

View Item
View Item