Situmorang, Irmawati (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X MIPA SMA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341032 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM 4173341032 LEMBAR PERSETUJUAN (2).pdf - Published Version
Download (482kB) | Preview
3. NIM 4173341032 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
4. NIM 4173341032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM 4173341032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM 4173341032 BAB I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
13. NIM 4173341032 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
14. NIM 41573341032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada Sub materi Invertebrata ditinjau dari aspek kognitif dan aspek indikator serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas X MIPA SMA Taman Siswa Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, sampel berjumlah 54 siswa yang terdiri dari 29 siswa XMIPA-1, 25 siswa XMIPA-2. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes hasil belajar siswa pada sub materi invertebrata dan angket kesulitan belajar. Persentase angket kesulitan belajar siswa aspek kognitif untuk C1 adalah 48,61% (sedang), C2 adalah 59,25% (sedang), C3 adalah 65,43% (tinggi), C4 adalah 68,51% (tinggi), C5 adalah 75,46% (tinggi), C6 adalah 71,60% (tinggi). Persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pembelajaran yaitu indikator pembelajaran 1 sebesar 65,73% (sangat tinggi) , indikator pembelajaran 2 sebesar 71,1% (sangat tinggi) , indikator pembelajaran 3 sebesar 64,35%(sangat tinggi), indikator pembelajaran 4 sebesar 67,12% (sangat tinggi), indikator pembelajaran 5 sebesar 66,66% (sangat tinggi), indikator pembelajaran 6 sebesar 58,51% (sangat tinggi). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ditinjau dari aspek internal dan eksternal. Faktor internal meliputi: Kesehatan (Tinggi), Intelegensi (Tinggi), Minat (Tinggi), Motivasi (Tinggi), Sedangkan Faktor eksternal meliputi: Keluarga (Tinggi), Sekolah (Tinggi) Guru (Tinggi), Materi (Tinggi), dan Media massa (Tinggi).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 034 |
Keywords: | Invertebrata; Kesulitan belajar; Hasil belajar; Ranah kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 08:49 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 08:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45982 |