Putri, Khairunnisa (2021) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MIS. T.I AL MUSTHAFAWIYAH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173311060 COVER.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
2. NIM. 4173311060 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
3. NIM. 4173311060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
4. NIM. 4173311060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
5. NIM. 4173311060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
9. NIM. 4173311060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
13. NIM. 4173311060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
14. NIM. 4173311060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menemukan LKS yang berkualitas berbasis pendekatan realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui pengembangan LKS berbasis pendekatan realistik. Subjek penelitian ini adalah siswa MIS. T.I Al-Musthafawiyah Medan Kelas IV yang berjumlah 22 orang tahun pelajaran 2021/2022.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan dari penelitian ini yaitu hasil validasi dari validator dengan rata-rata validitas RPP adalah 4,52. kategori sangat valid dan rata-rata validasi LKS adalah 4,31. kategori sangat valid.nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan hasil belajar matematika sebesar 27,19 dimana pada pada uji coba pertama rerata nilai siswa yaitu 63,02 dan pada uji coba kedua , rerata hasil belajar matematika mengalami peningkatan yaitu 83,23. Kemudian, untuk tingkat keefektifan LKS yang dikembangkan diperoleh bahwa : dari segi ketuntasan belajar pada uji coba I, siswa yang tuntas sebanyak 18 orang (81,81%)) dan pada uji coba II, siswa yang tuntas sebanyak 23 orang (92%). Dari segi TPK, pada uji coba I hanya 2 tujuan pembelajaran yang terpenuhi, sedangkan pada uji coba II , semua indikator tujuan pembelajaran sudah terpenuhi. Dari segi angket respon siswa, pada uji coba I dan II dinyatakan positif. Dan waktu pembelajaran yang berlangsung pada uji coba I dan II dinyatakan efektif karena tidak melebihi batas waktu pembelajaran yang berlangsung disekolah. Maka dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis pendekatan realistik dinyatakan valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 038 |
Keywords: | Matematika realistik; Bahan ajar; Pecahan; Perangkat pembelajaran; Lembar kerja siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 06:25 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 06:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45955 |