RAMADHANI, POPI (2021) ANALISIS PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI DAN LINGKUNGAN KELUARGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA AKUNTANSI KELAS X SMK N 13 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7171142018 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 7171142018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 7171142018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
4. NIM. 7171142018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 7171142018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
6. NIM. 7171142018 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 7171142018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 7171142018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7171142018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
13. NIM. 7171142018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
14. NIM. 7171142018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya pemahaman akuntansi pada siswa kelas X Jurusan akuntansi SMK Negeri 13 Medan dikarenakan rendahnya tingkat kecerdasan emosional, dan latar belakang lingkungan keluarga yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 13 Medan, mengetahui pengaruh lingkungan keluarga sebagai moderasi dari kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 13 Medan, dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap pemahaman akuntansi siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 13 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 13 Medan yang berjumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Total Sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 72 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakanUji-t.
Hasil analisis yang diperoleh rata-rata direfleksikan diatas 0,5 dan in dikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Data dari perhitungan untuk hipotesis Kecerdasan emosional berpengaruh terhadap Pemahaman Akuntansi diperoleh thitung sebesar 5,837 sedangkan t-tabel > 1,990 yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional memiliki pengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Selanjutnya untuk hipotesis Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hubungan kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi dasar siswa. diperoleh thitung sebesar 0,239 < t-tabel sebesar 1,990 yang berarti hipotesis ditolak dan dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga tidak memoderasi kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi. Selanjutnya untuk hipotesis Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi dasar siswa. diperoleh thitung sebesar 4,914 > t-tabel sebesar 1,990 yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi dasar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Lingkungan Keluarga, Pemahaman Akuntansi, Partial Least Square (PLS) |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ760 Family size |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 05:03 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45943 |