PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Muarif, Hadid (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4171111021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4171111021 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4171111021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4171111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4171111021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4171111021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4171111021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4171111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4171111021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4171111021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4171111021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4171111021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4171111021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4171111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII-1 di SMP Swasta Triana dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi pola bilangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 di SMP Swasta Triana sebanyak 20 orang siswa dan objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada setiap akhir siklus diberikan tes untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I diperoleh 65%, siswa yang memenuhi kriteria kemampuan komunikasi matematis dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi 70,41 dan pada siklus II diperoleh 90%, siswa telah memenuhi kriteria kemampuan komunikasi matematis dengan nilai rata-rata kemampuan komunikasi 81,52. Kriteria peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penelitian ini yaitu persentase banyaknya siswa yang sudah mampu mencapai kriteria kemampuan komunikasi matematisnya pada siklus II lebih tinggi dibandingkan pada siklus I, dan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus II lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I.Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) semakin baik dari siklus I hingga siklus II. Dilihat dari hasil observasi proses pembelajaran yang mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 2,4 dengan kriteria baik di siklus I menjadi 3,25 dengan kriteria sangat baik di siklus II. Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas VIII-1 SMP Swasta Triana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 055
Keywords: Komunikasi matematis; Problem based learning; Bilangan; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 May 2022 08:00
Last Modified: 13 May 2022 08:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45915

Actions (login required)

View Item
View Item