PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BALOK DAN KUBUS UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Panjaitan, Ebenezer (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BALOK DAN KUBUS UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173311026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173311026 COVER.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173311026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173311026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173311026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173311026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173311026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173311026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173311026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173311026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4173311026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4173311026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 4173311026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
11. NIM 4173311026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4173311026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4173311026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran ialah suatu alat yang membantu untuk proses pembelajaran berfungsi memperjelas makna pesan atau informasi ingin disampaikan, sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran learning management system berbasis problem based learning (PBL) Pada materi balok dan kubus untuk siswa smp kelas VIII yang layak dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek kevalidan, penilaian validator materi adalah 4,22 sedangkan penilaian validator media adalah 4,15 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan aspek kepraktisan, hasil respon penilaian peserta didik terhadap uji coba kelompok kecil adalah 4,08 termasuk kategori praktis dan aspek keefektifan hasil respon penilaian peserta didik terhadap uji coba kelompok besar adalah 4,15 termasuk kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran learning management system (LMS) berbasis problem based learning (PBL) Pada materi balok dan kubus untuk siswa smp kelas VIII dinyatakan layak sebab valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 086
Keywords: Moodle; Learning management system; Problem based learning; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:41
Last Modified: 31 Mar 2022 07:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45789

Actions (login required)

View Item
View Item