Panjaitan, Ebenezer (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI BALOK DAN KUBUS UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311026 COVER.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
2. NIM 4173311026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
3. NIM 4173311026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM 4173311026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 4173311026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7. NIM 4173311026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
11. NIM 4173311026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
12. NIM 4173311026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
Abstract
Media pembelajaran ialah suatu alat yang membantu untuk proses pembelajaran berfungsi memperjelas makna pesan atau informasi ingin disampaikan, sehingga mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran learning management system berbasis problem based learning (PBL) Pada materi balok dan kubus untuk siswa smp kelas VIII yang layak dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari aspek kevalidan, penilaian validator materi adalah 4,22 sedangkan penilaian validator media adalah 4,15 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan aspek kepraktisan, hasil respon penilaian peserta didik terhadap uji coba kelompok kecil adalah 4,08 termasuk kategori praktis dan aspek keefektifan hasil respon penilaian peserta didik terhadap uji coba kelompok besar adalah 4,15 termasuk kategori efektif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran learning management system (LMS) berbasis problem based learning (PBL) Pada materi balok dan kubus untuk siswa smp kelas VIII dinyatakan layak sebab valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 086 |
Keywords: | Moodle; Learning management system; Problem based learning; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 07:41 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 07:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45789 |