Wahyudi, Dichi Akbar (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS ANDROID. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171111013 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 4171111013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM 4171111013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
4. NIM 4171111013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM 4171111013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM 4171111013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
13. NIM 4171111013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
14. NIM 4171111013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan, kepraktisan serta keefektifan dari media pembelajaran matematika articulate storyline 3 berbasis android pada materi himpunan kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu: Analysis (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), Evaluation (E). Instrumen penilaian adalah lembar angket yang digunakan untuk uji kelayakan dari produk media pembelajaran matematika articulate storyline 3 berbasis android. Penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Untuk mengetahui kepraktisan media dilakukan dengan memberikan angket respon kepada guru dan 20 orang siswa dari kelas VII. Dan untuk mengetahui keefektifan dari media pembelajaran yang dikembangkan dilakukan dengan memberikan tes berupa pretest dan tes hasil belajar siswa serta angket respon keefektifan kepada 20 orang siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan. Hasil penelitian pengembangan ini telah dihasilkan produk media pembelajaran matematika articulate storyline 3 berbasis android pada materi himpunan di kelas VII dengan kelayakan sesuai hasil penilaian ahli media memperoleh persentase sebesar 88,88% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli materi memperoleh presentase 90% dengan kategori sangat layak. Respon dari guru memperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori sangat praktis, dan respon siswa memperoleh presentase sebesar 87,16% dengan kategori sangat praktis. Untuk penilaian keefektifan media pembelajaran diperoleh presentase 85% siswa tuntas dalam belajar perkelas dan 85,5% siswa yang memberikan respon positif terhadap media pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan sebagai efektif. Dari hasil uji dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika articulate storyline 3 berbasis android yang dikembangkan sangat layak, praktis, dan efektif serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi himpunan kelas VII SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 056 |
Keywords: | Android; Articulate storyline 3; Himpunan; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 06:54 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45787 |