Pasaribu, Nidya Yaneta Putri (2021) Kemampuan Menelaah Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Limapuluh Tahun Pembelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2161111028 COVER.pdf - Published Version
Download (899kB) | Preview
2. NIM 2172111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (790kB) | Preview
3. NIM 2161111028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (628kB) | Preview
4. NIM 2161111028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (984kB) | Preview
5. NIM 2161111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (796kB) | Preview
6. NIM 2161111028 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
7. NIM 2161111028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
8. NIM 2161111028 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
12. NIM 2161111028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (755kB) | Preview
13. NIM 2161111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (961kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menelaah teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Limapuluh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Limapuluh tahun pembelajaran 2020/202l.Untuk penelitian tersebut, diambil kelas VIII-B yang berjumlah 34 siswa melalui teknik random sampling.
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. lntrumen penelitian yang digunakan adalah tes menelaah teks berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Limapuluh dalam menelaah teks berita berdasarkan aspek struktur pertama yang memperoleh nilai rata-rata (83,02) dengan kategori baik,aspek struktur kedua yang memperoleh nilai rata-rata (79,14) dan aspek kaidah kebahasaan memperoleh nilai rata-rata (78,35) dengan kategori baik. Berdasarkan tabel distribusi presentase nilai kemampuan menelaah teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Limapuluhpada; (1) aspek struktur pertama menunjukkan pada kategori sangat baik (38%), kategori baik (50%), kategori cukup (9%), kategori kurang (3%), dan kategori sangat kurang (0%). (2) aspek struktur menunjukkan pada kategori sangat baik (32%), kategori baik (50%), kategori cukup (15%), kategori kurang (3%), dan kategori sangat kurang (0%). (3) aspek kaidah kebahasaan menunjukkan pada kategori sangat baik (29%), kategori baik (41%), kategori cukup (27%), kategori kurang (3%), dan kategori sangat kurang (0%). Melalui penelitian ini diharapkan guru bahasa Indonesia dapat mengetahui kemampuan siswa menelaah khususnya dalam menelaah teks berita berdasarkan aspek sruktur dan aspek kaidah kebahasaan. Setelah mengetahui kemampuan siswa maka guru dapat lebih meningkatkan efektivitas pembelajaran menelaah teks berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan menelaah; Teks berita; Siswa SMP kelas VIII |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 07:11 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45786 |