PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE ANIMASI BLENDER 3D DENGAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING SISWA DI SEKOLAH DASAR

Novita, Diana (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOFTWARE ANIMASI BLENDER 3D DENGAN POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN VISUAL THINKING SISWA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173311023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173311023 COVER.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173311023 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173311023 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173311023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173311023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173311023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173311023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4173311023 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 4173311023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173311023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173311023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173311023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173311023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173311023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173311023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh media pembelajaran berbasis software animasi blender 3d dengan powerpoint yang valid, praktis, dan efektif. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan visual thinking siswa pada materi bangun ruang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket respon guru, lembar angket respon siswa, serta tes kemampuan visual thinking siswa. Setelah seluruh instrumen, angket, media, materi, dan soal tes dinyatakan valid oleh validator, kemudian dilakukan uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran berbasis software animasi blender 3d yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator media dan materi, dengan perolehan skor rata-rata 3,56 dan 3,2 dengan kategori sangat layak. (2) Media pembelajaran berbasis software animasi blender 3d yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran yaitu sebesar 83,6% dengan kategori sangat praktis; b) hasil angket respon guru memperoleh nilai kepraktisan sebesar 91,6% dengan kategori sangat praktis. (3) Media pembelajaran berbasis software animasi blender 3d yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif dengan: a) ketuntasan belajar secara klasikal yaitu sebanyak 90% siswa yang mengikuti pembelajaran mencapai nilai ≥ 75, b) lebih dari 65% siswa mencapai 75% tujuan pembelajaran untuk setiap indikator, dan c) waktu pencapaian waktu pembelajaran sama dengan pembelajaran biasa pada uji co ba lapangan serta respon siswa baik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Melalui uji Gain, terlihat bahwa kemampuan visual thinking siswa yang diberi pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis software animasi blender 3d mengalami peningkatan sebesar 0,72, artinya dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 023
Keywords: Visual thinking; Microsoft Powerpoint 2019; Animasi blender 3D; Bangun Ruang; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Mar 2022 06:42
Last Modified: 31 Mar 2022 06:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45785

Actions (login required)

View Item
View Item