Sitohang, Daniel (2021) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM . 4172111003 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
2. NIM . 4172111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
3. NIM . 4172111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
4. NIM . 4172111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. NIM . 4172111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
9. NIM . 4172111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (818kB) | Preview
13. NIM . 4172111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
14. NIM . 4172111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran interaktif berbasis RME yang valid, praktis dan efektif untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP dan (2) melihat dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMP yang diajar menggunakan perangkat pembelajaran interaktif berbasis RME yang dikembangkan.
Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-2 SMPN 27 Medan. Objek penelitian ini adalah pengembangan Buku Guru (BG), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development/R&D) dengan menggunakan pengembangan model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel dengan empat tahap pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, tes berpikir kritis, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksaan pembelajaran, dan lembar aktivitas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran interaktif berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dapat disimpulkan pada: (i) validitas Buku Guru sebesar 4,13 dengan kategori valid, validitas LKPD sebesar 4,17 dengan kategori valid, dan validitas tes dinyatakan valid setelah dilakukan revisi kecil. (ii) efektivitas perangkat pembelajaran dikatakan efektif dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 77 pada uji coba I dan 90,3 pada uji coba II, ketuntasan tujuan pembelajaran/ketercapaian indikator pada uji coba I tidak tercapai dan tercapai pada uji coba II, pencapaian waktu pembelajaran sudah efektif, dan angket respon siswa pada uji coba I dengan rata-rata 3,89 ada dalam kategori baik dan pada uji coba II dengan rata-rata 4,27 ada dalam kategori sangat baik, (iii) praktisitas perangkat pembelajaran adalah praktis dapat dilihat dari kemampuan pengelolaan pembelajaran senilai 84,7 pada uji coba I dengan kategori baik dan senilai 90,4 dengan kategori sangat baik pada uji coba II, data aktivitas siswa pada uji coba I tidak memenuhi akan tetapi pada uji coba II sudah memenuhi, (2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari uji coba I ke uji coba II yang dinilai dari pre-test dan post-test.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 010 |
Keywords: | Pembelajaran interaktif; Realistic mathematics education; Berpikir kritis; Buku guru; Teori belajar; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 08:06 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45769 |