PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP

Sitorus, Cindy Amelia (2021) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173111009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173111009 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173111009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173111009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173111009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173111009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173111009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173111009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173111009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173111009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173111009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173111009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173111009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) memperoleh pembelajaran terkhususnya perangkat pembelajaran yang valid dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, terdiri dari tiga tahap yaitu : pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diujicoba untuk melihat efektivitasnya. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. Dari hasil uji coba ini diperoleh bahwa : (1) Pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas Modul Siswa = 4.38 dan LKPD = 4.38. (2) Pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa dan ketercapaian tujuan pembelajaran untuk setiap butir soal. (3) Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari uji coba I ke uji coba II adalah 0.3 poin dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 6.67%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 069
Keywords: Pembelajaran interaktif; Contextual teaching learning; Berpikir kreatif; Sistem persamaan linier
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Mar 2022 07:08
Last Modified: 30 Mar 2022 07:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45767

Actions (login required)

View Item
View Item