Sitorus, Cindy Amelia (2021) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173111009 COVER.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM. 4173111009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM. 4173111009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
4. NIM. 4173111009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
5. NIM. 4173111009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
9. NIM. 4173111009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
13. NIM. 4173111009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 4173111009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) memperoleh pembelajaran terkhususnya perangkat pembelajaran yang valid dan efektif, (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, terdiri dari tiga tahap yaitu : pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Hasil tahap pendefinisian digunakan untuk merancang pembelajaran, selanjutnya draf hasil rancangan divalidasi dan diujicoba untuk melihat efektivitasnya. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan. Dari hasil uji coba ini diperoleh bahwa : (1) Pembelajaran yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas Modul Siswa = 4.38 dan LKPD = 4.38. (2) Pembelajaran yang dikembangkan efektif, dilihat dari ketercapaian ketuntasan belajar siswa dan ketercapaian tujuan pembelajaran untuk setiap butir soal. (3) Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari uji coba I ke uji coba II adalah 0.3 poin dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 6.67%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 MAT 069 |
Keywords: | Pembelajaran interaktif; Contextual teaching learning; Berpikir kreatif; Sistem persamaan linier |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 07:08 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 07:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45767 |