PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MAS AL-WASHLIYAH MARBAU TAHUN AJARAN 2021/2022

Sari, Anggita (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X MAS AL-WASHLIYAH MARBAU TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173311007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173311007 COVER.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173311007 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173311007 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173311007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173311007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173311007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173311007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173311007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173311007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173311007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173311007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173311007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173311007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173311007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173311007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest only control desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Al-Washliyah Marbau. Dua kelas dipilih secara acak untuk dijadikan sampel penelitian. Kelas X-A terpilih sebagai kelas eskperimen yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write berbantuan video pembelajaran sedangkan kelas X-B belajar dengan menerapkan model konvensional. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan teknik Liliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari analisis data posttest kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan uji-t pada taraf α=0,05 diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 2,173>1,667, sehingga H_o ditolak dan H_a diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan video pembelajaran lebih tinggi dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write berbantuan video pembelajaran terhadap komunikasi matematis siswa. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan melihat hasil rata-rata N-Gain yaitu 0,4 kategori sedang. Proses penerapan model pembelajaran think-talk-write berbantuan video pembelajaran terhadap komunikasi matematis siswa dapat dilihat melalui indikator kemampuan komunikasi yaitu aspek representasi memperoleh nilai rata-rata tertinggi bila dibandingkan dengan aspek lainnya yaitu 77,3 untuk kelas eksperimen dan 70 untuk kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 049
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Think talk write; Komunikasi matematis; Persamaan linier tiga variabel; Macromedia flash; Video pembelajaran; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Mar 2022 04:25
Last Modified: 30 Mar 2022 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45763

Actions (login required)

View Item
View Item