Ati, Murni (2021) Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Tari Gubang Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Tari Pada Siswa Kelas X Di SMA N 2 Tanjungbalai. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2143140024 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 2143140024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
3. NIM 2143140024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
4. NIM 2143140024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM 2143140024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
6. NIM 2143140024 LIST OF IMAGES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM 2143140024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM 2143140024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
12. NIM 2143140024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
13. NIM 2143140024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Pembelajaran
Resitasi Dalam Materi Tari Gubang Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar
Tari Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tanjungbalai. Penulis menggunakan
metode resitasi menurut Zinal Aqib dan Ali Murtadlo (1996: 110) adalah metode
pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik, dimana pendidik memberikan tugas
tertentu agar peserta didik melakukan belajar, kemudian harus mempertanggung
jawabkannya. Metode resitasi bertujuan untuk mempermudah guru dalam
menyampaikan materi pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa sehingga
pembelajaran lebih terarah dan siswa dapart menerima pembelajarana dengan baik
dengan rancangan penelitian model one- group Pretest-Posttest yaitu eksperimen
tentang satu kelompok atau satu kelas Prates-Postest. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif yang membahas pada KD.3.1 dan KD.4.1. Populasi seluruh
siswa kelas X yang terbaigi 4 kelas dan menjadi sempel ialah satu kelas yaitu
kelas X-2. Analisis data yang digunakan adalah penghitungan keberhasilan belajar
(gain). Ditemukan keberhasil belajar pada metode resitasi dalam pemebelajaran
Tari gubang berbasis audio visual yang dimana siswa yang lebih mempunyai
kesempatan belajar lebih banyak, lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan
tugas, lebih kreatif, berani, mandiri. Pada hasil penelitian lain, untuk kelas X-2
diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 41,333 dan nilai rata-rata posttest adalah
87. Sedangkan nilai standard deviasi pada Pretest sebesar 7,674 dan nilai standard
deviasi pada Posttest sebesar 219,5. Penerapan metode pembelajaran Resitasi
dapat meingkatkan kemampuan belajar tari pada siswa dilihat dari jumlah analisis
dengan menggunakan uji t. Data yang diperoleh dengan analisis uji t yaitu (0,16 <
0,05) dan thitung > ttabel (1,746 > 1,337), Ho ditolak dan Ha diterima yaitu hasil
apresiasi siswa pada posttest setelah menggunakan metode pembelajaran Resitasi
lebih tinggi diband.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Resitasi; Kemampuan Belajar Tari; Tari tradisional; Tari Gubang |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 25 Mar 2022 11:47 |
Last Modified: | 25 Mar 2022 11:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45720 |